7+ Pekerjaan Borongan yang Bisa Dikerjakan di Rumah

Pekerjaan Borongan yang Bisa Dikerjakan di Rumah – Dalam era digital seperti sekarang ini, banyak pekerjaan yang dapat dilakukan secara borongan atau freelance.

Hal ini sangat memudahkan bagi mereka yang ingin bekerja dari rumah tanpa harus terikat dengan jam kerja yang ketat.

Berikut ini adalah daftar pekerjaan borongan yang dapat dilakukan di rumah:

1. Penulis Konten

Ilustrasi Pekerjaan Borongan Sebagai Content Writer
Ilustrasi Pekerjaan Borongan Sebagai Content Writer

Pekerjaan sebagai penulis konten dapat dilakukan dengan menghasilkan tulisan yang berkualitas untuk berbagai jenis platform, seperti blog, website, maupun media sosial. Beberapa topik tulisan yang bisa dihasilkan seperti teknologi, kesehatan, pendidikan, dan bisnis. Rincian income yang diterima bervariasi tergantung dari jumlah kata yang dihasilkan dan kesepakatan dengan klien.

Rata-rata tarif penulisan konten dalam bahasa Inggris adalah sekitar 3 hingga 10 sen per kata, sedangkan dalam bahasa Indonesia berkisar antara Rp. 1000 hingga Rp. 5000 per kata. Sebagai contoh, jika seorang penulis dapat menulis 1000 kata dalam sehari, maka ia dapat menghasilkan antara Rp. 1 juta hingga Rp. 5 juta per bulan.

2. Desainer Grafis

Ilustrasi Pekerjaan Borongan Sebagai Desain Grafis
Ilustrasi Pekerjaan Borongan Sebagai Desain Grafis

Pekerjaan sebagai desainer grafis meliputi pembuatan logo, banner, brosur, maupun desain lainnya. Seorang desainer grafis harus memiliki kreativitas dan kemampuan dalam menggunakan software design. Rincian income yang diterima bervariasi tergantung dari jenis proyek dan kesepakatan dengan klien.

Sebagai acuan, tarif rata-rata untuk pembuatan logo adalah antara Rp. 500 ribu hingga Rp. 2 juta, sedangkan untuk pembuatan brosur atau banner adalah antara Rp. 1 juta hingga Rp. 5 juta. Sebagai contoh, jika seorang desainer grafis dapat menyelesaikan satu proyek logo dalam sehari, maka ia dapat menghasilkan antara Rp. 500 ribu hingga Rp. 2 juta per bulan.

3. Penerjemah

Ilustrasi Translator di Berbagai Bahasa
Ilustrasi Translator di Berbagai Bahasa

Sebagai seorang penerjemah, tugasnya adalah menerjemahkan dokumen tertulis, seperti artikel, buku, dan dokumen bisnis dari satu bahasa ke bahasa lain. Rincian income yang diterima bervariasi tergantung dari jenis dan tingkat kesulitan dokumen yang diterjemahkan.

Tarif rata-rata untuk penerjemahan dokumen biasa adalah antara Rp. 100 ribu hingga Rp. 500 ribu per lembar, sedangkan untuk penerjemahan dokumen teknis atau medis bisa mencapai Rp. 1 juta per lembar.

Sebagai contoh, jika seorang penerjemah dapat menerjemahkan 2 lembar dokumen biasa dalam sehari, maka ia dapat menghasilkan antara Rp. 200 ribu hingga Rp. 1 juta per bulan.

4. Fotografer

Fotografer Memotret Keindahan Alam
Fotografer Memotret Keindahan Alam

Pekerjaan sebagai fotografer dapat dilakukan dengan menghasilkan foto-foto berkualitas untuk berbagai keperluan, seperti event, produk, dan tempat wisata. Rincian income yang diterima bervariasi tergantung dari jenis proyek dan kesepakatan dengan klien.

Rata-rata biaya untuk pemotretan produk adalah antara Rp. 500 ribu hingga Rp. 2 juta, sedangkan untuk pemotretan event bisa mencapai Rp. 5 juta per hari.

Sebagai contoh, jika seorang fotografer dapat menyelesaikan satu proyek pemotretan produk dalam seminggu, maka ia dapat menghasilkan antara Rp. 2 juta hingga Rp. 8 juta per bulan.

5. Video Editor

Ilustrasi Video Editor sedang Bekerja
Ilustrasi Video Editor sedang Bekerja

Sebagai seorang video editor, tugasnya adalah mengedit dan memproduksi video berkualitas untuk berbagai keperluan, seperti iklan, video musik, maupun dokumenter. Rincian income yang diterima bervariasi tergantung dari jenis proyek dan kesepakatan dengan klien.

Biaya pembuatan video iklan adalah antara Rp. 5 juta hingga Rp. 20 juta, sedangkan untuk pembuatan video musik bisa mencapai Rp. 50 juta. Sebagai contoh, jika seorang video editor dapat menyelesaikan satu proyek video iklan dalam sebulan, maka ia dapat menghasilkan antara Rp. 5 juta hingga Rp. 20 juta per bulan.

6. Social Media Manager

Ilustrasi Manajemen Sosial Media
Ilustrasi Manajemen Sosial Media

Pekerjaan sebagai social media manager meliputi pengelolaan media sosial untuk berbagai jenis bisnis. Seorang social media manager harus memiliki kemampuan dalam membuat konten yang menarik dan meningkatkan engagement pengguna. Rincian income yang diterima bervariasi tergantung dari jenis proyek dan kesepakatan dengan klien.

Penghasilan social media manager bervariasi tergantung dari pengalaman dan reputasi seseorang, serta jenis klien dan kesepakatan yang dibuat.

Sebagai acuan, tarif social media manager dapat mencapai antara Rp. 5 juta hingga Rp. 20 juta per bulan, tergantung dari ukuran dan kompleksitas proyek serta tingkat spesialisasi yang dimiliki.

7. Konsultan Pemasaran Digital

Ilustrasi Digital Marketing
Ilustrasi Digital Marketing

Sebagai seorang konsultan pemasaran digital, tugasnya adalah memberikan saran dan strategi pemasaran digital untuk berbagai jenis bisnis. Rincian income yang diterima bervariasi tergantung dari tingkat pengalaman dan kesepakatan dengan klien.

Secara umum, tarif konsultan pemasaran digital dapat mencapai antara Rp. 500 ribu hingga Rp. 5 juta per jam, tergantung dari tingkat spesialisasi dan kompleksitas proyek yang ditangani.

Sebagai contoh, jika seorang konsultan pemasaran digital dapat menangani proyek selama 10 jam dengan tarif Rp. 1 juta per jam, maka ia dapat menghasilkan antara Rp. 10 juta per proyek.

8. Virtual Assistant

Ilustrasi Virtual Assistant Pria
Ilustrasi Virtual Assistant Pria

Sebagai seorang virtual assistant, tugasnya adalah membantu klien dalam berbagai keperluan administratif, seperti menjawab email, mengatur jadwal, dan mengelola tugas-tugas lainnya. Rincian income yang diterima bervariasi tergantung dari jumlah jam kerja dan kesepakatan dengan klien.

Biaya rata-rata untuk menjadi virtual assistant adalah antara Rp. 50 ribu hingga Rp. 200 ribu per jam. Sebagai contoh, jika seorang virtual assistant dapat bekerja selama 5 jam per hari dengan tarif Rp. 100 ribu per jam, maka ia dapat menghasilkan antara Rp. 2,5 juta hingga Rp. 5 juta per bulan.

Perlu dicatat bahwa estimasi penghasilan di atas hanyalah sebagai acuan dan dapat bervariasi tergantung dari banyak faktor seperti pengalaman, kualitas pekerjaan, klien, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk menjadi pekerja borongan di rumah, pastikan untuk melakukan riset pasar dan menentukan tarif yang sesuai dengan kualitas pekerjaan yang ditawarkan.

Related Artikel
Artikel Terbaru
shopee website