Modal Usaha Minuman Kekinian : Modal Awal, Modal Bulanan, dan Omset

Gambar Minuman Matcha Milk Tea
Gambar Minuman Matcha Milk Tea

Modal Usaha Minuman Kekinian – Bisnis minuman kekinian sedang populer saat ini, terutama di kalangan anak muda. Peluang bisnis ini sangat menjanjikan, namun tentu saja membutuhkan modal yang cukup besar untuk memulainya.

Modal usaha minuman kekinian tidak hanya untuk membeli bahan baku dan peralatan, tetapi juga untuk branding dan marketing agar bisa dikenal oleh banyak orang.

Berapa modal usaha minuman kekinian? Modal awal usaha minuman kekinian adalah Rp 30.000.000 dengan modal bulanan berkisar Rp 11.500.000. Modal tersebut bisa saja berbeda karena perbedaan harga bahan baku , peralatan dan lokasi.

Dalam artikel ini, akan dibahas tentang modal awal dan modal bulanan yang dibutuhkan untuk memulai usaha minuman kekinian, serta cara mencari modal yang tepat untuk usaha tersebut.

Rincian Modal Usaha Minuman Kekinian

Jika Anda berencana untuk memulai bisnis minuman kekinian, maka mengetahui rincian modal usaha yang dibutuhkan adalah suatu hal yang penting. Dalam bisnis ini, modal usaha dapat dibagi menjadi beberapa jenis, seperti modal awal, modal bulanan, dan target omset yang ingin dicapai.

Setiap jenis modal usaha memiliki perhitungan dan rincian yang berbeda, dan semuanya perlu dipertimbangkan secara matang sebelum memulai bisnis papan bunga. Berikut rincian modal awal dan bulanan dalam usaha minuman kekinian.

Modal Awal Usaha Minuman Kekinian

Berikut ini adalah tabel modal awal yang dibutuhkan untuk memulai usaha minuman kekinian:

Kebutuhan ModalJumlah Modal
Sewa tempat usahaRp5.000.000
Peralatan (blender, mesin kopi, mesin es krim, dll)Rp10.000.000
Bahan baku (sirup, susu, buah, kopi, dll)Rp5.000.000
Promosi (banner, brosur, media sosial, dll)Rp3.000.000
Persediaan uang tunaiRp2.000.000
Biaya lain-lain (izin usaha, listrik, air, dll)Rp5.000.000
TotalRp30.000.000
Tabel Rincian Modal Awal Usaha Minuman Kekinian

Catatan: Bahwa modal diatas bisa bervariasi tergantung dari bahan, lokasi dan ukuran usaha yang ingin dibuka.

Penjelasan:

  • Sewa tempat usaha : Rp5.000.000, angka ini bisa bervariasi tergantung dari lokasi dan ukuran tempat usaha yang ingin disewa. Sebaiknya, pilih lokasi yang strategis dan mudah diakses oleh pelanggan.
  • Peralatan : Rp10.000.000, dalam modal ini sudah termasuk mesin blender, mesin kopi, mesin es krim, gelas, dan sendok. Anda bisa menyesuaikan dengan jenis minuman yang ingin dijual.
  • Bahan baku : Rp5.000.000, modal ini sudah termasuk bahan-bahan utama seperti susu, sirup, buah-buahan, kopi, dan lainnya.
  • Promosi : Rp3.000.000, modal ini sudah termasuk pembuatan banner, brosur, dan media sosial yang bisa digunakan untuk mempromosikan usaha.
  • Persediaan uang tunai : Rp2.000.000, modal ini digunakan untuk persediaan uang tunai yang bisa digunakan untuk memberikan kembalian kepada pelanggan.
  • Biaya lain-lain : Rp5.000.000, modal ini digunakan untuk membayar biaya-biaya seperti izin usaha, listrik, air, dan lainnya.

Modal Bulanan Usaha Minuman Kekinian

Berikut ini adalah tabel modal bulanan untuk usaha minuman kekinian:

KebutuhanJumlahHarga SatuanTotal
Bahan Baku (Sirup, Susu, Topping)100 literRp 25.000,-/literRp 2.500.000,-
Es Batu200 KgRp 4.000,-/KgRp 800.000,-
Biaya Listrik1 bulanRp 500.000,-Rp 500.000,-
Gaji Karyawan1 bulanRp 3.000.000,-Rp 3.000.000,-
Sewa Toko1 bulanRp 5.000.000,-Rp 5.000.000,-
TotalRp 11.800.000,-
Tabel Rincian Modal Bulanan Usaha Minuman Kekinian

Catatan: Bahwa modal diatas bisa bervariasi tergantung dari bahan, lokasi dan ukuran usaha yang ingin dibuka.

Penjelasan:

  • Bahan Baku: Karena usaha minuman kekinian menggunakan bahan-bahan segar dan berkualitas, maka biaya bahan baku menjadi biaya yang cukup besar. Dalam tabel di atas, diasumsikan penggunaan bahan baku sebanyak 100 liter dengan harga Rp 25.000,- per liter sehingga total biaya bahan baku dalam sebulan sekitar Rp 2.500.000,-.
  • Es Batu: Minuman kekinian juga membutuhkan es batu yang cukup banyak. Dalam tabel di atas, diasumsikan penggunaan es batu sebanyak 200 Kg dengan harga Rp 4.000,- per Kg sehingga total biaya es batu dalam sebulan sekitar Rp 800.000,-.
  • Biaya Listrik: Biaya listrik menjadi biaya rutin yang harus dikeluarkan untuk menjalankan usaha minuman kekinian. Dalam tabel di atas, diasumsikan biaya listrik sekitar Rp 500.000,- per bulan.
  • Gaji Karyawan: Jika usaha minuman kekinian sudah berkembang, maka biasanya dibutuhkan karyawan untuk membantu dalam membuat minuman dan melayani pelanggan. Dalam tabel di atas, diasumsikan gaji karyawan sekitar Rp 3.000.000,- per bulan.
  • Sewa Toko: Jika usaha minuman kekinian dibuka di tempat yang strategis seperti di pusat perbelanjaan atau pusat keramaian, maka biaya sewa toko dapat menjadi biaya yang cukup besar. Dalam tabel di atas, diasumsikan biaya sewa toko sekitar Rp 5.000.000,- per bulan.

Perkiraan Omset Usaha Minuman Kekinian

Omset usaha minuman kekinian dapat berbeda-beda tergantung dari lokasi usaha, jenis minuman yang dijual, harga jual, dan jumlah konsumen. Namun, umumnya usaha minuman kekinian memiliki potensi omset yang cukup menjanjikan.

Berdasarkan penelitian dan survei pasar, usaha minuman kekinian dapat memperoleh omset berkisar antara 10 hingga 50 juta rupiah per bulan. Namun, untuk mencapai omset yang optimal, perlu dilakukan berbagai strategi pemasaran dan promosi agar produk dapat dikenal oleh masyarakat dan mendapatkan pelanggan setia.

Perkiraan Balik Modal pada Usaha Minuman Kekinian

Perkiraan balik modal usaha minuman kekinian juga dapat bervariasi tergantung dari modal awal, omset yang dihasilkan, dan biaya-biaya operasional lainnya.

Namun, dengan perkiraan omset bulanan sebesar 10-50 juta rupiah, serta pengeluaran bulanan yang dapat dihitung dengan tabel modal bulanan yang telah disediakan sebelumnya, maka perkiraan balik modal usaha minuman kekinian dapat tercapai dalam jangka waktu antara 6 bulan hingga 1 tahun.

Namun, perlu diingat bahwa hal ini dapat berubah tergantung dari berbagai faktor seperti persaingan, harga bahan baku, dan biaya operasional lainnya. Oleh karena itu, diperlukan strategi bisnis yang baik serta manajemen keuangan yang bijak untuk dapat mencapai target balik modal yang diinginkan.

Cara Mencari Modal untuk Usaha Minuman Kekinian

Berikut adalah beberapa cara untuk mencari modal untuk usaha minuman kekinian:

  1. Menabung dan mengumpulkan modal sendiri – cara ini mungkin memerlukan waktu yang lama, namun ini merupakan cara yang aman dan terbebas dari hutang.
  2. Meminjam dari keluarga atau teman – cara ini dapat menjadi solusi jika Anda memerlukan modal awal dalam jumlah yang kecil. Namun, perlu diingat bahwa meminjam uang dari keluarga atau teman juga memiliki risiko, seperti memengaruhi hubungan interpersonal jika tidak dapat membayar hutang tepat waktu.
  3. Meminjam dari lembaga keuangan – cara ini memerlukan proses pengajuan pinjaman yang sering kali melibatkan proses pengajuan dan pemeriksaan kredit. Jangan lupa untuk mempertimbangkan suku bunga dan syarat-syarat lainnya sebelum memilih lembaga keuangan yang tepat untuk Anda.
  4. Mencari investor – mencari investor dapat menjadi pilihan yang baik jika Anda ingin mencari modal dengan cepat dan memiliki ide bisnis yang menarik. Namun, biasanya investor akan meminta persentase saham dalam bisnis Anda.
  5. Bergabung dengan program pinjaman modal usaha – terdapat beberapa program pinjaman modal usaha yang ditawarkan oleh pemerintah maupun lembaga keuangan yang dapat membantu Anda dalam memulai usaha minuman kekinian Anda. Namun, pastikan untuk memahami syarat dan ketentuan dari program tersebut sebelum mengajukan pinjaman.
Related Artikel
Artikel Terbaru
shopee website